Atlet Bulutangkis Terbaik Indonesia

Badminton atau sering disebut dengan bulutangkis adalah salah satu jenis cabang olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga bulutangkis sendiri telah dipertandingkan di dalam sebuah olimpiade sejak tahun 1992. Permainan badminton ini sangat menuntut mental, ketangkasan serta strategi dari para pemainnya dalam memainkan raket serta shuttlecocknya. Di dalam bulutangkis terdapat 5 jenis event, yakni Tunggal putra, Tunggal putri, Ganda putra, Ganda putri serta Ganda campuran. Sejak kemunculannya, olahraga bulutangkis pun kian menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat di tanah air. Di dalam sejarah pun telah mencatat berbagai macam prestasi anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di berbagai olimpiade bulutangkis di kancah internasional, seperti si legenda Susi Susanti hingga Taufik Hidayat.

Dan juga, dari ke-5 event bulutangkis tersebut, pertandingan tunggal putra peminatnya lebih banyak jika dibandingkan dengan event yang lainnya. Selain dapat menunjukkan ketangkasan yang mengagumkan, kita dapat melihat persaingan ketat pemain Indonesia dengan pemain China. China sendiri memanglah merupakan lawan terberat Indonesia sejak dahulu. Banyak para atlet bulutangkis Indonesia yang mempunyai kemampuan yang luar biasa. Bahkan kemampuan tersebut juga telah diakui oleh dunia sebagai suatu legenda dan masuk ke dalam satu jajaran negara yang memiliki atlet bulutangkis terbaik. Berikut ini beberapa atlet bulutangkis Indonesia terbaik dalam sejarah:

1. Susi Susanti. Susi susanti merupakan atlet bulu tangkis wanita yang paling bersejarah dan telah diakui kemampuannya di dunia. Ia telah berhasil meraih medali emas bersama dengan kekasihnya saat itu yakni, Alan Budikusuma yang sat ini telah menjadi suaminya di ajang Olimpiade 1992 di Barcelona. Selain itu, iapun telah beberapa kali menorehkan prestasi yang membanggakan seperti memperoleh juara pada ajang Sudirman Cup, lalu juara Uber Cup sebanyak 2 kali, serta juara dunia sebanyak 6 kali.

2. Taufik Hidayat. Ia merupakan seorang anak bangsa kelahiran Bandung pada tanggal 10 Agustus 1981. Iapun dijuluki sebagai pemain bulutangkis yang paling berbakat di dalam sejarah. Beda halnya dengan Lin Dan yang memperoleh bantuandengan fasilitas terbaik untuk meningkatkan kemampuan bermainnya, Taufik Hidayat sendiri hanya memperoleh fasilitas yang biasa-biasa saja saat ia berlatih. Taufik Hidayat juga merupakan seorang pemain bulutangkis yang memulai karir profesionalnya di usia yang masih sangat belia, yaitu 15 tahun dan iapun berhasil menjadi juara saat usianya masih 17 tahun. Taufik Hidayat telah memperoleh prestasi lebih awal jika dibandingkan dengan Lindan. Meskipun mereka seumuran, Taufik Hidayat telah berada di generasi yang berbeda dari Lin Dan.

3. Tony Gunawan. Tony merupakan atlet bulutangkis yang dianggap sebagai salah satu pemain atlet ganda terbaik di dalam sejarah. Tony Gunawan saat itu mewakili Indonesia di tahun 1992 hingga 2001 dan saat ini iapun telah menjadi pelatih bulutangkis di Amerika Serikat terhitung sejak tahun 2001. Tony pun telah berhasil mejuarai berbagai pertandingan gelar ganda campuran seperti Puerto Rico Terbuka, Taipei Terbuka , AS Terbuka, dan lainnya.

4. Rudy Hartono Kurniawan. Ia adalah seorang mantan pebulutangkis terbaik Indonesia yang lahir pada 18 Agustus 1949. Ia juga dianggap sebagai atlet bulutangkis terbaik sepanjang masa. Rudy Hartono telah berhasil menjuarai berbagai pertandingan bergengsi seperti ajang All England Championship, ia menjuarai sebanyak 7 kali berturut-turut dari 1968 sampai1974. Di tahun 1980 ia juga telah berhasil menjadi juara dunia saat pertandingan nomor tunggal.

Lalu bagaimana dengan para Atlet bulutangkis Indonesia saat ini juga tidak kalah hebat dengan atlet-atlet sebelumnya. Dan bahkan mereka telah sering kali mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.