Kesalahan Hipnoterapis Bisa Berakibat Fatal

Hipnoterapi merupakan sebuah ilmu hipnosis yang prosesnya lebih dalam jika dibandingkan dengan yang dipelajari oleh seorang hipnotis. Hipnoterapi sendiri digunakan untuk menerapi seseorang yang sedang mengalami gangguan kesehatan dalam hidupnya. Sedangkan hipnoterapis merupakan seseorang yang telah menguasai proses ilmu hipnosis lebih dalam dari seorang hipnotis kemudian digunakan untuk dapat membantu orang lain. Dalam hal ini, membantu ialah melakukan terapi kepada orang yang sedang mengalami gangguan di dalam dirinya khususnya gangguan yang disebabkan oleh pikirannya sendiri.

Karena ada banyak penyakit yang disebabkan oleh pikiran kita. Apa yang kita pikirakan, hal itu pula yang akan terjadi. Dan juga beberapa gangguan yang terjadi di dalam pikiran kita, akan berdampak pada tubuh kita sendiri. Misalnya seperti seseorang akan melakukan presentasi dihadapan banyak orang, hal yang terjadi biasanya ialah rasa gugup, badan menjadi gemetaran, keluar keringat dingin, serta akan bolak – balik ke toilet, berbicarapun akan menjadi terbata-bata dan lainnya. Itu merupakan sedikit contoh yang sering kali kita hadapi. Hipnoterapis merupakan seorang yang akan membantu pasien untuk dapat menghilangkan semua gangguan yang terjadi pada dirinya yang disebabkan oleh pikiran orang tersebut.

Selain itu, proses hipnoterapi memerlukan kerjasama diantara kedua belah pihak, di antara klien dan juga terapis. Oleh karena itu, sebelumnya anda perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu agar dapat menerima dan juga melakukan semua instruksi yang diberikan oleh terapis. Karena seorang hipnoterapis telah sangat memahami proses untuk mengatasi masalah yang anda miliki, dan anda hanya perlu mengikutinya. Proses terapi, biasanya akan diawali dengan percakapan kecil agar dapat membangun komunikasi yang baik diantara terapis dan juga klien. Kemudian klien tersebutpun akan diminta untuk relaksasi sembari melakukan beberapa instruksi yang diperintahkan agar dapat menurunkan level gelombang pikirannya. Anda hanya perlu mengikutinya dengan santai dan juga teratur.

Hipnoterapis kemudian akan mengarahkan kepada pikiran Anda untuk melakukan mind reprograming. Tekniknya bisa melalui NLP, direct suggestion ataupun melalui audio brainwave. Semua dilakukan untuk dapat membantu anda. Kemudian, Anda akan diajarkan untuk melakukan beberapa teknik hipnoterapi yang sederhana untuk Anda lakukan sehari-hari. Jadi, hipnoterapi merupakan sebuah proses penunjang dari sisi pikiran klien. Hipnoterapis mungkin akan mengembalikan ingatan yang didapat yang diyakininya berkaitan dengan gangguan yang terjadi pada seorang pasien. Namun risikonya ialah otak bisa saja akan memiliki ingatan palsu yang tidak sengaja tertanam ketika sebuah sugesti diberikan kepada pasien.

Risiko lain yang bisa terjadi akibat hipnoterapi ialah timbulnya rasa pusing, sakit kepala, mengantuk, hingga rasa cemas. Jangan sampai Anda mendapatkan risiko yang berat dari hipnoterapi karena kesalahan dalam memilih hipnoterapis. Beberapa kondisi lainnya saat melakukan hipnoterapi ialah penderita gangguan mental tertentu seperti halusinasi maupun delusi yang mirip dengan gejala psikotik.