Perhitungan Simulasi Kredit Motor

simulasi kredit motorBerminat kredit motor namun masih bingung dan tidak mengerti bagaimana cara menghitung simulasi kredit motor? Harga motor yang dikredit biasanya akan lebih besar dari harga asli atau harga cash misalnya yang harganya Rp15 juta, saat membeli kredit harganya bisa mencapai 20 juta bahkan lenih. Memahami hitungan simulasi kredit motor cukup penting, sehingga kita dapat tahu berapa banyak dana yang harus disiapkan. Perhitungan dalam membeli secara kredit ialah misalkan kamu membeli motor seharga Rp 20.000.000 dengan bunga sebesar 1,56% flat. Pihak leasing biasanya memiliki peraturan, yaitu pelanggan harus membayarkan DP sebesar 30% dari harga keseluruhan. Sehingga jika dihitung kamu harus membayar sebesar Rp 6.000.000. Sehingga total sisa yang harus dibayarkan yaitu Rp14 juta. Cara menghitungnya ialah seperti ini, pertama menghitung total bunga = (harga motor-DP x persentase bunga tiap bulan x tenor selama 2 tahun) = (14.000.000×1,56%)x24 = Rp 218.400×24 = Rp5.241.600. Lalu keseluruhan utang yang dimiliki ialah sisa utang Rp 14.000.000 + bunga utang Rp 5.242.600 maka jumlahnya ialah Rp 19.241.600. Nah, begitulah cara menghitung simulasi kredit motor, harga motor satu unit yang seharusnya Rp 20.000.000 jika dibayar lunas, jika dicicil selama kurun waktu 2 tahun dengan DP sebesar Rp 6.000.000, maka dana yang harus dikeluarkan jumlahnya ialah Rp. 25.241.600. Coba bandingkan dengan simulasi kredit motor dari jgmotor.

Selain itu, semakin lama waktu cicilannya yang dipilih makan tentunya bunga yang perlu dibayarkanpun akan semakin membesar. Maka, kita perlu lebih bijak sebelum mencoba untuk mengkredit motor. Kamu perlu menghitung kembali berapa besaran bunga yang ditetapkan oleh pihak leasing dan harus dapat pintar memilih leasing yang tidak membebankan suku bunga yang besar. Jangan sampai besaran suku bunga yang besar membuat harga motor menjadi membengkak berkali-kali lipat.

Selain adanya penambahan suku bunga, beberapa leasing juga ada yang menetapkan biaya tambahan yang dibebankan pada pelanggannya. Kamu perlu menanyakan pada leasing sebelumnya berapa besaran biaya penalti jika kamu tidak bisa melunasi kredit motor sebelum batas waktu yang talah disepakati sebelumnya. Jangan sampai membuatmu terkejut karena tagihannya lebih besar dari seharusnya.

Selain biaya penalti dan suku bunga, ada pula dua biaya tambahan lain yaitu biaya administrasi serta biaya fidusia. Untuk biaya administrasi sendiri pada masing-masing leasing memiliki jumlah yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu konfirmasi terlebih dulu kepada leasing yang kamu pilih untuk detail lebih jelasnya. Biasanya biaya administrasi ditarif sekitar 150 ribuan. Meskipun membeli motor secara kredit membuat harga motor menjadi lebih mahal, namun dengan adanya kredit motor dapat membantu kita dapat memperoleh kendaraan dengan cepat, apalagi saat ini kendaraan pribadi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

simulasi kredit motor yamaha